Tutorial cara mengganti aki pada mobil Toyota Avanza | Hal yang perlu diperhatikan saat mengganti aki mobil



Oke teman-teman terimakasih sudah mampir di blog Saya, semoga informasi yang akan Saya sampaikan dibawah ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua. Apabila nanti dalam menyampaikan informasi ini ada beberapa hal yang dirasa kurang tepat Saya mohon maaf sebelumnya dan harapan Saya Kita bisa saling sharing-sharing di blog Saya ini.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi tips dengan teman-teman semua yaitu cara mengganti aki / accu mobil dan juga hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat mengganti aki mobil. Kali ini Saya menggunakan mobil Avanza tahun 2015an atau All New Avanza sebagai model untuk sample nya, mungkin karena jumlahnya yang banyak dan sering Kita temui di jalan-jalan jadi Saya pakai sebagai referensinya.



Mengganti aki mobil itu bisa dibilang cukup mudah, tinggal dilepas aki mobil yang lama terus diganti dengan aki mobil yang baru, selesai deh.. hehe

Ternyata oh ternyata tidak semudah itu teman-teman.. Gini, saat aki mobil dilepas, ada beberapa fungsi mobil yang harus direset ulang, seperti audio, power window dll. Tapi ini tidak berlaku pada semua mobil, ada mobil tertentu yang mungkin tidak perlu direset ulang seperti mobil-mobil generasi lama. Karena ini Saya menggunakan jenis mobil Avanza All New maka setelah melepas aki Kita perlu mengatur ulang audio, power window dll. Tapi itu akan Saya bahas di postingan Saya yang lain, pada kesempatan ini Kita hanya akan membahas proses penggantian aki mobil dari awal sampai selesai.

Pertama, Kita melakukan penggantian aki mobil apabila fungsi aki tersebut sudah dibawah standar atau Low. Biasanya diukur dengan Battery tester menunjukkan kualitas aki mobil sudah jelek, atau gampangnya sudah tidak kuat lagi untuk men stater kendaraan alias mogok. Usahakan aki yang akan diganti memiliki spesifikasi yang sama dengan aki yang terpasang di kendaraan, atau pakai aki standarnya. Kalau untuk Toyota Avanza, menggunakan aki dengan kode 34B19R atau 28800-YZZNJ.

Oke, setelah aki baru Kita dapati, langkah selanjutnya yaitu melepas aki lama di mobil. Untuk tata cara penggantiannya seperti berikut :

  1. Buka kap mesin, lepas bracket yang terpasang disekitar aki, bracket ini bertujuan untuk menahan posisi aki tetap stabil saat mobil berjalan. Jadi aki tidak akan bergeser ke kanan atau kiri. 
  2. Lepas pul-pul aki, ingat ya kalau melepas pul aki harus yang kutub negatif terlebih dahulu, dikarenakan bisa terjadi short apabila bersentuhan dengan body mobil, kemudian lepas pul aki positifnya.
  3. Pasang aki baru pada cover aki kemudian ditaruh di dudukan tempat aki.
  4. Nah, untuk pemasangan aki baru, diutamakan pasang terlebih dahulu pul aki yang positif barulah pasang yang negatif.
  5. Setelah semua pul aki terpasang, selanjutnya pasang bracket-bracket aki kembali agar saat kendaraan berjalan nanti aki tidak bergeser-geser.
  6. Selanjutnya aki sudah bisa dipakai, mobil sudah bisa di stater/dinyalakan. Tinggal yang terakhir mereset ulang / menyetel ulang audio, power window dll. Tapi, tata cara untuk menyetel ulang fungsi ini akan saya bahas di postingan saya yang lain.
Gimana teman-teman? setelah membaca artikel saya ini, ternyata mengganti aki tidak sesulit yang Kita bayangkan kan? Oke, harapan Saya semoga tulisan Saya ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua. Apabila ada hal yang dirasa masih kurang, Saya sangat terbuka untuk kritikan dan masukan dari teman-teman semua.




0 comments:

Post a Comment